Arnold Chiari Malformation Penyebab Kelumpuhan Dayana Beberapa Tahun Silam

Arnold Chiari Malformation

Sekilas Gambaran Dan Pengertian

Arnold Chiari Malformation (Malformasi Chairi) merupakan sebuah kegagalan kongenital dimana terjadi malformasi atau kelainan struktural saat pembentukan jaringan otak dan tempurung kepala. Secara normal pada saat pembentukan tulang tengkorak diantara cerebellum (otak kecil) dan batang otak terdapat saluran penghubung otak dengan tulang belakang yang disebut dengan Foramen Magnum.

Namun pada kasus  Arnold Chiari Malformation saluran tersebut tertutup karena tertekan oleh area bagian bawah dari otak kecil. Kondisi ini mengakibatkan gangguan terhadap cerebellum itu sendiri, sirkulasi dari cairan serebrospinal dan bahkan terjadi malfungsi dari nervus spinalis yang menjalar sepanjang medulla spinallis.

Apa Gejala Yang Timbul

Secara umum gejala yang di timbulkan sesuai dengan tipe dan tingkat keparahan dari malformasi yang terbentuk, untuk kasus ringan bahkan tidak menunjukkan gejala apapun sehingga penyakit ini terdiagnosis saat melakukan pemeriksaan MRI atau CT- Scan untuk pemeriksaan penunjang penyakit lain.

Terkadang beberapa gejala dapat dirasa seperti :
  • Perasaan nyeri pada area leher belakang, susah menelan hingga gangguan suara.
  • Gangguan pada otot seperti kaku, lemah atau refleks yang hiperaktif.
  • Gangguan sensasi seperti sering kesemutan, rasa terbakar pada kulit atau sensasi sentuh berkurang hingga hilang rasa.
  • Gangguan pada indra penglihatan seperti pandangan kabur atau silau.
  • Gangguan lainnya pada malformasi yang  berat berupa kelumpuhan.

Tipe 

Tipe Arnold Chiari Malformation di klasifikasikan berdasarkan tingkat  Herniated Cerebellum (sejauh mana cerebellum masuk menutupi saluran dari Spinal Cord ).

Tipe 1

Merupakan tipe yang paling umum, diketahui saat remaja ketika melakukan pemeriksaan penunjang untuk pemeriksaan penyakit lain, sering kali tidak memperlihatkan gejala yang berarti.

Tipe II ( Malformasi Chiari Klasik)

Untuk tipe II dapat diketahui lebih dini dengan pemeriksaan usg saat kehamilan atau saat bayi baru lahir biasanya disertai dengan hydrocephalus (penumpukan cairan di rongga kepala) dan Spina Bifida (Kelainan atau cacat lahir yang diakibatkan dari pembentukan tabung saraf selama masa perkembangan bayi di dalam kandungan).

Tipe III

Merupakan tipe malformasi chiari yang paling bahaya dari tipe tipe lainnya.
Disebut tipe III jika terbentuk lobang abnormal di bagiang tengkorang belakang sehingga cerebellum dan batang otak menonjol keluar dari lobang tersebut.

Tipe IV

Tipe IV adalah tipe dimana otak kecil (Cerebellum) tidak berkemban.

Pengobatan

Pengobatan ataupun penanganan terhadap malformasi chairi dilakukan tergantung dari kejala dan klasifikasi dari tingkatan penyakitnya dari pengobatan sampai tindakan pembedahan.

Therapi yang di berikan dokter mengarah pada gejala yang dirasakan penderita, seperti pemberian anti nyeri pada nyeri atau pengobatan pada kesemutan atau gangguan sensasi.

Untuk kondisi yang lebih parah seperti kelumpuhan tindakan pembedahan merupakan pilihan yang tepat.

Semoga gambaran singkat ini bermanfaat bagi sobat sehat.
Terimakasih telah berkunjung 🙏🙏🙏.
Comments
Silahkan berkomentar dengan bahasa yg santun sesuai dengan tema penbahasan dan mohon untuk tidak nyepam di blog ini