Pengertian ECG (EKG)


Electrocardiogram

ECG adalah singkatan dari " Electrocardiogram" atau dalam bahasa indonesia sering disingkat dengan EKG " Elektrokardiogram" merupakan sebuah grafik yang dihasilkan oleh electrocardiograph (elektrokardiograf) yang menggambarkan irama dan aktifitas listrik jantung dalam waktu tertentu, dalam bahasa awamnya sering di sebut dengan istilah rekam jantung.

Mesin ekg merubah setiap impuls dari listrik jantung menjadi sebuah grafik yang dapat dibaca oleh para ahli. Grafik yang dihasilkan terdiri dari gelombang P, Q, R, S, T , kadang kala juga terdapat gelombang U.

Penjelasan tentang gelombang ekg kita bahas pada artikel lain yang lebih rinci.

Electrocardiograph

Electrocardiograph (Elektrokardiograf) adalah sebuah alat (mesin) yang dapat merekam dan mencatat impuls listrik jantung dalam sebuah grafik melalui kabel kabel dari elektroda yang terpasang pada tubuh.

Electrocardiography

Electrocardiography (Elektrokardiografi) adalah ilmu yang mempelajari tentang aktifitas listrik jantung.

Jadi, pemeriksaan ECG (EKG) dapat di katakan sebagai pemeriksaan penunjang dalam praktek kedokteran untuk mengetahui gambaran aktifitas listrik jantung, dengan tujuan untuk menegakkan diagnosa penyakit jantung. alert-info

Tujuan Pemeriksaan ECG (EKG)

Sebagaimana fungsinya, pemeriksaan ECG bertujuan untuk merekam aktifitas listrik jantung, sehingga dari rekaman grafik ECG tersebut membantu dokter dalam meng identifikasi kelainan atau gangguan seperti :
  1. Disritmia (kelainan irama jantung).
  2. Kelainan pada otot jantung seperti : Iskemik, injuri atau infark moicard.
  3. Gangguan elektrolit, khususnya ion Kalium.
  4. Efek dari pemberian obat2 an digitalis dan anti aritmia.
  5. Hipertrofi dari otot jantung seperti : LVH.
  6. Menilai fungsi dari pace maker (TPM atau PPM).

Efeksamping Pemeriksaan ECG (EKG)

Pemeriksaan ekg diyakini aman untuk dilakukan sebagai salah satu pemeriksaan penunjang dalam kedokteran. Efek samping ringan berupa reaksi alergi pada kulit bisa saja terjadi pada beberapa orang yang mempunyai masalah pada kulitnya, dikarenakan bekas tempelan elektroda pada kulit.

Kapan Pemeriksaan EKG di Lakukan

Pada dasarnya perekaman ekg dilakukan saat seseorang merasakan gejala serangan jantung, seperti nyeri dada hebat, terasa cepat lelah, jantung terasa berdebar (palpitasi), sulit bernafas (sesak), atau pada beberapa kondisi yang dianggap perlu oleh dokter.

0Komentar

Silahkan berkomentar dengan bahasa yg santun sesuai dengan tema penbahasan dan mohon untuk tidak nyepam di blog ini

Sebelumnya Selanjutnya