Mengenal Tiga Sistem Sirkulasi Pada Manusia
Source : PNGEgg

Sistem sirkulasi merupakan suatu sistem peredaran darah dialirkan dari jantung ke seluruh tubuh , dimana darah berperan sebagai transport nutrisi dan O2 keseluruh tubuh.

Sirkulasi darah pada tubuh manusia terdiri dari tiga sistem, yaitu :

A. Sirkulasi Sistemik 


Sirkulasi sistemik merupakan sirkulasi darah yang mencakup seluruh tubuh. Sirkulasi ini berlangsung ketika darah yang mengandung oksigen mengisi atrium kiri jantung melalui vena pulmonalis, usai melakukan pelepasan karbon dioksida di paru-paru.

Kemudian, darah yang sudah berada di atrium kiri diteruskan ke ventrikel kiri, untuk selanjutnya disalurkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah utama (aorta). Darah yang dipompa melewati aorta akan terus mengalir hingga ke bagian paling tepi di seluruh area tubuh. Setelah menyalurkan berbagai zat yang dibawanya ke sel-sel tubuh, darah akan mengalir kembali menuju atrium kanan jantung untuk mengalami proses divusi.

B. Sirkulasi Pulmonal


Sirkulasi Pulmonal (Sirkulasi Paru) merupakan sirkulasi darah dari jantung menuju paru-paru, dan sebaliknya. Sirkulasi ini berlangsung saat darah yang mengandung karbon dioksida dari sisa metabolisme tubuh kembali ke jantung melalui pembuluh vena besar (vena cava) baik vena cava superior maupun inferior. Lalu, memasuki atrium kanan dan diteruskan ke ventrikel kanan jantung. Selanjutnya, darah yang sudah berada di ventrikel kanan akan dialirkan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis, untuk melakukan diffusi antara karbon dioksida dengan oksigen di alveoli. Setelah itu, darah bersih  yang kaya oksigen akan memasuki atrium kiri jantung melalui vena pulmonalis. 

C. Sirkulasi Coroner 


Sama seperti organ tubuh lain, jantung juga membutuhkan asupan oksigen dan nutrisi supaya dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Darah yang menutrisi jantung akan dialirkan melalui arteri koroner ke otot-otot jantung. Maka dari itu, sumbatan pada arteri koroner bisa mengurangi aliran oksigen dan nutrisi ke otot jantung, sehingga meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

Sirkulasi koroner dimulai dari masuknya darah kaya O2 yang di ejeksikan oleh ventrikel kiri melalui osteum arteri koroner kanan dan artery koroner kiri yang keduanya terletak di Sinus aortik  (sinus valsalva) di atas daun katup aorta.

Distribusi vena  koroner sesungguhnya paralel dengan distribusi arteri koroner, aliran balik darah melalui vena koroner yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu vena tebesian yang merupakan bagian terkecil dari vena koroner, Vena kardiaka anterior yang mengosongkan sebagian besar isi vena ventrikel langsung ke atrium kanan, dan Sinus koronarius sistem vena terbesar dari koroner yang bermuara disamping vena cava inferior dimana di situ terletak ostium dari sinus koronarius.

0Komentar

Silahkan berkomentar dengan bahasa yg santun sesuai dengan tema penbahasan dan mohon untuk tidak nyepam di blog ini

Sebelumnya Selanjutnya