Jantung merupakan salah satu dari organ vital pada tubuh manusia, tugasnya memompa darah ke seluruh organ tubuh agar nutrisi dan oksigen tersuplai secara adekuat sehingga organ organ tubuh lain tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Sama seperti organ tubuh lain, jantung juga membutuhkan asupan oksigen dan nutrisi. Untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik sebagai pompa darah, jantung juga membutuhkan suplai darah.

Kenali Pembuluh Darah Jantung Anda
Source : PNGEgg


Bagaimana jantung mendapatkan suplai darah  dari dirinya sendiri.... ? tentu saja melalui pembuluh darah juga sebagai media sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Pada kesempatan ini admin Portal Medis mengajak sahabat sehat semua untuk Kenali Pembuluh Darah Jantung Anda agar kita lebih sadar untuk tetap merawatnya sehingga tetap sehat.

Pembuluh darah jantung disebut  arteri koroner letaknya mengitari dinding jantung agar mejangkau seluruh organ jantung itu sendiri.

Struktur arteri  koroner terdiri dari dua cabang besar yaitu arteri koroner kanan dan arteri koroner kiri, arteri koroner kiri terbagi menjadi dua cabang besar lagi.

Detailnya kita jabarkan sebagai berikut :

# Right Coronary Arteri (RCA)

Kenali Pembuluh Darah Jantung Anda
Source : PNGEgg

Right Coronary Artery (RCA) merupakakan pembuluh arteri yang mengitari jantung bagian kanan, berjalan ke sisi kanan jantung mengikuti  sulkus atrio ventrikular kanan. Bagian distalnya bercabang lagi menjadi Postero Lateral (PL) dan Posterior Descending  Artery (PDA)


Pada dasarnya arteri koronaria kanan menyalurkan suplai darah pada atrium kanan, ventrikel kanan dan dinding sebelah dalam dari ventrikel kiri.


Ramus sirkumfleks memberi nutrisi pada atrium kiri dan dinding samping serta bawah dari ventrikel kiri. Ramus descenden anterior memberikan nutrisi pada dinding depan ventrikel kiri yang masif. 


# Left Coronary Arteri (LCA)

Kenali Pembuluh Darah Jantung Anda
Source : PNGEgg

Arteri koroner kiri melingkari jantung dalam dua lekuk anatomis eksternal yaitu Sulkus Atrioventrikular yang melingkari jantung diantara atrium dan ventrikel dan Sulkus Interventrikular  yang memisahkan kedua ventrikel yaitu kiri dan kanan.


Dari bagian proksimal hingga distal arteri koroner kiri dibagi menjadi beberapa bagian dan cabang besar sebagai berikut :


1. LM (Left Main) Coronary Artery

Merupakan pengkal utama dari arteri koroner kiri mulai dari osteal hingga ke percabangan antara LAD dan LCx. Left Main merupkan akses awal darah menuju LAD dan LCx, namun beberapa kasus pada pemeriksaan Angiografi Coroner ditemukan beberapa orang yang mempunyai double LM yang artinya ada dua osteal akses masuk darah dari aorta yang masing masing langsung terhubung dengan proximal LAD dan LCx.

2. LAD (Left Anterior Descending) Coronary Artery

Melingkar mulai dari bagian depan kiri jantung turun hingga ke apex jantung, pada posisi Cranial Oblique letak LAD berada di depan  dengan ciri khas ujung distalnya membentuk semacam capit.
Cabang cabang pada LAD ini disebut dengan Diagonal yang terdiri dari D1, D2 dan bahkan sampai D3 bervariasi pada setiap orang.

3. LCx  (Left Circumflex) Coronary Artery

Pada posisi Caudal oblique LCx terlihat di depan (dibawah), cabang cabang pada LCx disebut Obtuse Margina (OM) terdiri dari OM1, OM2 dan OM3

0Komentar

Silahkan berkomentar dengan bahasa yg santun sesuai dengan tema penbahasan dan mohon untuk tidak nyepam di blog ini

Sebelumnya Selanjutnya