Corona Virus merupakan keluarga besar virus penyebab penyakit pada manusia dan hewan, pada manusia virus ini menyebabkan infeksi saluran pernafasan dengan gejala ringan hingga berat, penularannya dari hewan ke manusia dan dari manusia ke manusia.

Mengenal Covid 19 Penyebab Pandemi Dunia Saat Ini
Source : Pixabay

Ncov-19 (Covid-19) merupakan virus varian baru dari golongan corona yang muncul dan menggemparkan dunia di wuhan beberapa bulan yang lalu, virus ini pertama sekali diungkapkan oleh dokter Li Wenliang yang merupakan dokter di rumah sakit pusat kota wuhan.

Pada akhir Desember 2019 dr Li Wenliang mengirim pesan kepada rekan rekan tim medis akan bahaya virus misterius serupa dengan virus SARS yang diperkirakan berasal dari pasar hewan di wuhan, pesan tersebut berupa peringatan untuk hati hati dan memakai baju pelindung saat menangani pasien agar tidak tertular.

WHO menyatakan covid-19 merupakan pandemi karna telah menyebar ke beberapa benua dan menjadi issu besar dunia saat ini, telah banyak korban berjatuhan di tengah masyarakat bahkan tim medispun telah banyak yang gugur.

Penularan virus ini cukup cepat dan masif umumnya melalui dropplet, namun penularan melalui udara belum terbukti.
Kontak langsung seperti berjabat tangan dengan penderita juga beresiko terpapar karna bisa jadi dropplet terkena tangan saat penderita batuk dan virusnya menempel saat berjabat tangan atau kontak lansung dengan penderita.

Ada beberapa gejala umum saat seseorang terpapar covid-19 :

  • Demam tinggi, biasanya semakin naik
  • Batuk kering
  • Badan lemas
  • Sesak nafas hingga gagal nafas

Namun dari beberapa kasus khususnya di tanah air, dijumpai beberapa orang positiv covid-19 yang tidak menampakkan gejala apa - apa padahal hasil swap menunjukkan nilai positive,
orang ini di sebut carrier.

Carrier ini biasanya mereka yang berusia muda, karna tidak memiliki keluhan dan merasa sehat orang yang berstatus carrier ini sangat berpotensi besar menyebarkan virus kepada orang lain.

Kenapa  demikian ... ?, logika nya orang yang merasa sehat tidak sakit akan melakukan interaksi intra personal dengan orang lain seperti biasa, orang sekitar secara otomatis tidak membatasi interaksi sosialnya sehingga kewaspadaan dan proteksi diri kurang, beda halnya saat kita melihat seseorang dengan  dengan gejala covid secara otomatis orang sekitar akan lebih protektif diri saat berinteraksi dengan orang tersebut.

Oleh karna itu carrier ini lebih berpotensi besar menyebarkan corona dibandingkan orang positive corona dengan gejala yang menyertainya.
#DirumahAja merupakan salah satu upaya terwujudnya social distancing dalam usaha memutuskan mata rantai penularan virus ini.

Sekian sobat sehat, ulasan singkat tentang covid-19 semoga bermanfaat dan menjadikan kita lebih waspada, semoga sehat selalu.
Admin berharap semoga pandemi ini cepat berlalu 🤲🤲🤲

0Komentar

Silahkan berkomentar dengan bahasa yg santun sesuai dengan tema penbahasan dan mohon untuk tidak nyepam di blog ini

Sebelumnya Selanjutnya