Rumor tentang bahaya Aspartam yang berkembang di tengah masyarakat tidak hanya membuat resah namun juga menjadi kontroversial akan kebenarannya.

Source : lifelovefruit com
Berbagai macam bentuk bahaya dan efek samping aspartam yang menjadi konsumsi publik baik yang beredar melalui medsos maupun pesan singkat.
Sejauh ini tidak ada yang mengetahui sumber dan asal muasal berita tersebut  karna info ini bukanlah beras dari pihak idi dan BPOM walaupun masih ada yang mengatasnamakannya.
Biro humas BPOM sendiri melalui halaman web telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait hal ini silahkan dibaca lebih lengkap disini

Baiklah mari kita sedikit menganalisa dan mengenal lebih jauh tentang Aspartam ini agar tidak salah kaprah dan latah dengan rumor yang beredar.




<a class=" button blue " href=" # "> Button Text </a >

Apa itu Aspartam ..... ?

Aspartam merupakan pemanis sintetis non karbohidrat yang mempunyai tingkat kemanisan mencapai 200 kali manisnya gula (sukrosa).
Rasa manis aspartam ini menyerupai manisnya gula tampa rada pahit. Karena kelebihannya yang sangat rendah kalori aspartam ini juga menjadi pemanis pilihan bagi penderita diabetes.
Secara kimia aspartam memiliki nama N-(L-α-Aspartyl)-L-phenylalanine, 1-methyl ester dengan rumus C14H18N2O5.

Rumus kimia aspartam
Source : wikipedia

Sertifikasi kelayakan

Pada tahun 1081 aspartam mendapat persetujuan dari FDA untuk digunakan pada beberapa produk makanan. Setelah mrlewati beberapa penelitian dan bukti ilmiah barulah pada tahun 1996 aspartam disetujui sebagai pemanis buatan yang dapat digunakan untuk semua jenis produk minuman dan makanan oleh FDA.
BPOM sebagai pengawas obat dan makanan juga telah mengeluarkan sertifikasi kelayakan aspartam untuk beredar di indonesia.

Batas toleransi tubuh terhadap aspartam

Setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi berlebihan akan membahayakan tubuh terlebih lagi zat  atau senyawa kimia mempunyai batas toleransi sehingga aman digunakan.
Batas aman konsumsi aspartam adalah 50 mg/kg berat badan per hari. Jadi bahaya ditimbulkan jika konsumsi melebihi batas maksimal yang telah ditetapkan.

Sekian semoga menjadi pencerahan buat kita untuk lebih bijak dalam menyikapi setiap isu yang berdedar dan juga untuk tidak latah me reshare segala sesuatu sebelum melakukan cross cek akan kebenaran setiap sesuatu yang sampai kepada kita.

0Komentar

Silahkan berkomentar dengan bahasa yg santun sesuai dengan tema penbahasan dan mohon untuk tidak nyepam di blog ini

Sebelumnya Ini adalah postingan terakhir