Angiorafi koroner merupakan suatu tindakan diagnostik invasif yang bertujuan untuk melihat  gambaran aliran  darah dalam pembuluh darah arteri jantung (arteri coroner) dengan menggunakan contras dan sinar-x.
Dengan dilakukan tindakan ini akan ketahuan ada tidaknya penyumbatan pada lumen penbuluh darah coroner.

Gambaran RCA dari angiografi


Apa tujuan tindakan ini .... ?

Tindakan angiografi coroner ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran pencitraan dari pembuluh darah coroner khususnya mendeteksi adanya penyempitan atau penyumbatan didalam pembuluh darah koroner.

Akses tindakan

Tindakan ini biasanya dilakukan melalui dua pilihan akses yaitu :
  1. Radialis, alat dimasukkan ke jantung melalui arteri radialis pada pergelangan tangan biasanya lengan sebelah kanan.
  2. Femoralis, alat dimasukkan ke jantung memalui arteri Femoral pada selangkangan dan biasanya juga sebelah kanan.
Untuk ke dua akses diatas ada kelebihan dan kekurangan masing masing, lebih lanjut akan dibahas pada artikel berikutnya.

Bagaimana Cara Kerjanya .... ?


Tindakan Angiografi Coroner
Pasien ditidurkan di C-Arm dengan posisi terlentang, setelah di pasang chest lead untuk memantau hemodinamik selama tindakan, area puncture ( di lengan kanan atau femoral kanan) di disinfektan, kemudian di tutup dengan linen steril supaya area kerja tetap steril.

Angiographic Chateter dimasukkan melalui lengan kanan atau Femoral kanan dengan wire penuntun mengikuti lumen pembuluh darah  arteri hingga melewati  Arcus Aorta dan mengarah ke sinus coronarius (muara dari pembuluh arteri jantung) kemudian dokter akan menyemprotkan kontras melalui alat angiography chateter  sambil direkam dengan alat x-ray sehinggan aliran kantras terlihat di pembuluh darah arteri koroner. Selama tindakan tindakan pasien di bius lokal.

Sekian sekilas tentang Angiografi koroner atau lebih dikenal di masyarakat dengan kata "kateter jantung", semoga bermanfaat.

0Komentar

Silahkan berkomentar dengan bahasa yg santun sesuai dengan tema penbahasan dan mohon untuk tidak nyepam di blog ini

Sebelumnya Selanjutnya